page contents

SURAT DARI CEO

Rendy Full BodyIndonesia telah membuat kemajuan yang cukup besar dalam penanganan kesehatan dalam beberapa dekade terakhir. Perawatan kesehatan Indonesia telah berkembang dari tahun ke tahun namun tetap memerlukan perbaikan lebih lanjut. Saat ini ada sekitar 2.200 rumah sakit swasta dan pemerintah, namun secara keseluruhan, Indonesia masih tergolong satu negara dengan  rasio tempat tidur dibandingkan dengan populasi yang terendah di dunia (0,8 per 1.000 penduduk di tahun 2012). Perkiraan secara konservatif Indonesia seharusnya memerlukan tambahan 500.000 tempat tidur rumah sakit. Negara secara keseluruhan kekurangan infrastuktur kesehatan yang kokoh dan staff yang berkualitas, terutama di wilayah pedesaan.

Olehkarena itu ada banyak peluang dalam industri perawatan kesehatan di Indonesia sekarang ini. Meningkatnya kelas menengah diharapkan mendorong permintaan perawatan kesehatan yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Pada permulaan tahun 2014, pemerintah Indonesia memperkenalkan Jaminan Kesehataan Nasional dan secara administratif ditangani oleh BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).  Rumah Sakit yang melayani pasien BPJS maupun pasien Umum dapat memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah sakit yang hanya menerima pasien umum saja.

Rumah Sakit Mandaya direncanakan dikembangkan di daerah penyangga ibu kota dan kota-kota di sekitarnya yang umumnya merupakan wilayah yang masih  kekurangan pelayanan kesehatan berkualitas dengan biaya terjangkau. Rumah Sakit Mandaya melayani baik pasien BPJS  maupun pasien Umum.

Kami menerapkan konsep perawatan berpusat pada pasien (patient-centered care). Model perawatan ini melibatkan pasien dalam setiap pengambilan keputusan perawatan kesehatannya. Di samping memberikan rasa nyaman dan terperhatikan, model ini meningkatkan kepercayaan pasien terhadap rumah sakit. Rumah sakit akan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien, sehingga tidak ada keluhan biaya perawatan kesehatan mahal akibat pengeluaran atas tindakan yang tidak perlu atau berlebihan.

Dengan menerapkan inovasi, teknologi terkini, manajemen yang ramping, dan secara ketat menerapkan prosedur operasional baku, kami percaya bahwa usaha pelayanan kesehatan kami ini akan tumbuh berkelanjutan.

 

Dr. Benedictus R. Widaja, MBChB (UK)

CEO of Mandaya Hospital Group

mandaya-hospital-group